November 19, 2020 Oleh necro2 0

Tips Sederhana Memilih Pakaian yang Nyaman Untuk Sang Buah Hati yang Baru Lahir

Bagi kebanyakan  ibu, berbelanja kebutuhan bayi yang baru lahir merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, terutama berbelanja kebutuhan baju bayi. Mulai dari memilih model, corak hingga warna, bahkan pernak-pernik lucu pun tak bisa terlewatkan saat berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Saking banyaknya pilihan yang tersedia, para ibu terkadang bingung untuk memilih pakaian dan tanpa disadari ibu berbelanja berlebihan yang akhirnya membuat barang yang dibeli berakhir sia-sia karena si kecil tak sempat memakainya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa ibu terapkan saat ingin membeli baju untuk sang buah hati.

1. Pilihlah pakaian yang mudah dikenakan dan dilepaskan

Dikarenakan bayi sangat aktif bergerak, tentunya akan lebih mudah bagi ibu untuk memilih baju dengan kancing di bagian depan dan di bagian pantat untuk memudahkan dalam mengganti popok. Tetapi jika ibu ingin memilih pakaian dengan model kaos tanpa kancing, maka pastikan bagian leher baju berbahan dasar halus dan tidak ketat agar memudahkan saat akan dipakai maupun dilepas.

Baju bayi dengan model onesies adalah salah satu baju yang paling praktis. Baju model ini mudah dipakai dan dilepas saat si kecil harus berganti popok, ibu bisa membeli yang tanpa sambungan ke kaki.

2. Pilih pakaian yang mudah dicuci

Sebelum ibu membeli baju bayi, baiknya ibu memeriksa label yang ada pada baju. Lihatah prosedur pencucian baju. Beberapa pakaian punya bahan dasar yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Banyak sekali pakaian di pasaran yang menyarankan prosedur ‘hand wash only’ atau ‘dry clean only’. Dengan memperhatikan prosedur pencucian, serat pada pakaian bayi akan lebih awet dan tak mudah rusak.

Selain itu ibu juga bisa mencuci baju si kecil bersama pakaian lain. Tetapi sebaiknya hindari memakai deterjen kuat dan pelembut pakaian yang bisa membuat iritasi pada kulit bayi. Rendamlah pakaian bayi yang terkena kotoran dengan pembersih sebelum mencuci.

3. Memilih pakaian yang nyaman untuk sang buah hati

Meski kini banyak pilihan model baju bayi yang lucu dan unik, namun kenyamanan si kecil harus tetap ibu perhatikan. Pilihlah pakaian yang simple terutama bagi bayi yang baru lahir, pakaian tanpa kerah akan membuatnya lebih nyaman.

Kancing, resleting dan karet elastis dapat menjadi sumber rasa tak nyaman pada si kecil apabila letaknya salah atau terlalu ketat di kulit. Pilihlah pakaian yang tepat dengan pelapis antara kulit dan resleting. Patikan juga tak ada ujung yang tajam yang bisa melukai kulit sang buah hati. Hindari pula pakaian dengan banyak aksesori agar tak beresiko tertelan karena bayi akan semakin aktif.

4. Pastikan baju aman dari bahan kimia untuk mencegah iritasi kulit

Menggosokkan tangan kepermukaan baju bukan satu-satunya cara untuk mengetahui baju tersebut aman atau tidak untuk bayi. Karena baju untuk bayi memang seharusnya terbuat dari bahan yang lembut. Tapi ibu juga harus memastikan tidak ada bahan kimia yang terkandung, misalnya zat pewarna yang mudah luntur. Pastikan baju yang ibu beli memenuhi standar yang baik untuk pakaian anak. Agar lebih aman, jangan lupa mencuci baju terlebih dahulu sebelum dipakai oleh si kecil.

5. Memilih ukuran yang sesuai

Usia sang buah hati tidak selalu bisa di jadikan patokan dalam memilih ukuran baju bayi, ukuran setiap merk terkadang berbeda, oleh karena itu ibu bisa menjadikan berat badan bayi sebagai patokan dalam memilih ukuran baju.

Dikarenakan  pertumbuahan bayi cukup cepat, untuk berjaga-jaga sebaiknya ibu membeli pakaian dengan ukuran yang lebih besar atau agak longgar, ini pun bisa membuat si kecil merasa nyaman saat bergerak.

6. Memilih bahan yang tepat

Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif terhadap berbagai lingkungan di sekitarnya, termasuk pada pakaian yang dikenakan. Untuk mencegah iritasi pada kulit sang buah hati dan mencegah dari mengalami ruam kemerahan, sebaiknya ibu memilih pakaian dengan bahan katun atau kaos yang tak terlalu tebal sehingga bisa menyerap keringat dan mencegah biang keringat. Pakaian berbahan katun atau kaos pun terasa sejuk saat dikenakan si kecil.

7. Menyiapkan baju untuk berbagai kondisi

Demi kenyamanan sang buah hati, sebaiknya ibu harus menyiapkan baju yang sesuai dalam berbagai kondisi. Misalnya jaket atau sweater, celana panjang, topi dan juga baju santai yang bisa dikenakan saat akan keluar rumah. Dan juga yang terakhir baju tidur khusus untuk sang buah hati, seperti baju model piyama. Sehingga si kecil pun tetap nyaman saat tidur.

Demikian beberapa tips sederhana yang bisa ibu jadikan patokan dalam memilih baju bayi yang akan ibu beli agar sang buah hati terlihat lebih imut namun tetap nyaman.