November 10, 2020 Oleh necro2 0

6 Jenis Tanaman yang Cocok Dirawat di Dalam Ruangan dan Tak Butuh Banyak Cahaya

Di tengah pandemi corona saat ini, hobi merawat tanaman hias kini menjadi trend baru. Selain dapat mempercantik sudut ruangan, tanaman hias di dalam rumah juga bisa  meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuninya.

Saat membahas tentang tanaman hias, sebagian dari kita mungkin tahu bahwa tanaman harus terkena sinar matahari agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun ada beberapa tanaman hias yang justru dapat tumbuh dengan baik meskipun mendapat asupan cahaya matahari yang sedikit, redup ataupun minim.

Tanaman-tanaman hias ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan pencahayaan matahari yang minim. Berikut 6 jenis tanaman yang bisa kamu tempatkan di dalam rumah kamu.

1. Lidah mertua (Sansevieria)

Bagi para pecinta tanaman pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieria ini merupakan tanaman hias yang memiliki ciri daun yang tinggi, kurus dan kaku. Selain itu, ciri khas dari tanaman lidah mertua lainnya adalah memiliki bunga yang mirip dengan bunga lily.

Tanaman hias ini mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Tanaman lidah mertua juga bisa membersihkan udara di rumah karena mengeluarkan oksigen di malam hari.

2. Aglonema

Aglonema kini tengah menjadi tanaman hias primadona. Cara perawatannya pun tergolong mudahdan bisa disimpan di dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Oleh karena itu, kamu bisa meletakkan tanaman ini di sudut ruangan yang gelap untuk memberikan warna tersendiri di area tersebut. Corak daunnya yang cantik dengan warna hijau pekat dan semburat warna merah juga bisa membuat tampilan rumah kamu semakin estetik.

Namun jika kamu ingin meletakkan tanaman hias ini di luar ruangan, pastikan untuk tidak menyimpannya di area yang terkena paparan sinar matahari langsung, karena akan membuat warna daun aglonema berumah menjadi kuning dan layu.

3. Philodendron

Selain Aglonema, philodendron juga menjadi salah satu tanaman hias yang banyak digandrungi. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebar dan juga unik, sehingga bisa membuat rumah kamu terlihat lebih asri. Perawatan tanaman ini pun cukup mudah, karena tanaman ini cenderung tidak manja dan lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung.

4. Calatheamakoyana  (Peacock plant)

Calathea makoyana atau yang sering di sebut tanaman peacock adalah tanaman yang berasal dari Brazilia. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini memiliki daun yang indah mirip seperti corak bulu pada burung merak.

Tidak hanya indah, ternyata tanaman hias ini cukup mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Kamu bisa menempatkan tanaman hias ini di area dengan pencahayaan sedang bahkan redup sekalipun. Namun, hindari meletakkan tanaman ini di area yang banyak terkena paparan cahaya, karena bisa membuat daunnya menjadi pucat.

5. Lili paris (Spider plant)

Jika kamu mencari tanaman hias yang mudah dirawat, maka tanaman lili paris atau spider plant ini bisa menjadi pilihan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah chlorophytumcomosum juga dapat tumbuh di tempat yang minim cahaya.

Seperti namanya, spider plant memiliki daun yang panjang dan runcing mirip seperti kaki laba-laba. Selain itu, tanaman ini juga memiliki motif hijau dan putih sehingga akan terlihat menarik di dalam ruangan. Meskipun tak membutuhkan banyak paparan sinar matahari, tapi kamu harus tetap memperhatikan kecukupan air pada tanaman ini. Sebab jika tidak, warna daun tanaman ini akan cepat menjadi kecoklatan dan layu.

6. Pohon dolar (ZZ plant)

ZZ plant atau yang lebih dikenal denga sebutan pohon dolar ini juga termasuk salah satu tanaman hias yang bisa hidup dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun. Selain itu, tanaman ini juga dapat bertahan dalam berbagai situasi, seperti dalam kondisi kering hingga dengan tingkat kelembaban yang rendah.

Pohon dolar biasanya bisa tumbuh hingga satu meter di dalam ruangan, dengan daun mengkilap seperti lilin. Tanaman hias ini biasanya akan menghasilkan bunga ketika di tanam di luar ruangan.